Total Tayangan Halaman

Kamis, 21 Juli 2011

ULAT GRAYAK (Spodoptera litura).



Ulat grayak sering juga di sebut ulat tentara karena menyerfang dengan populasi sangat tinggi. Akibatnya tanaman habis dalam semalam. Ia tergolong famili Noctuidae yang artinya aktif di malam hari. Siang hari ulat bersembunyi di sela tangkai daun, dibawah tanaman, bahkan dalam tanah lantaran takut terkena matahari.
Tanaman yang terserang kacang tanah, padi, jagung, tebu, kedelai, tembakau, cabai merah, bawang merah dan kubis.

a. Gejala


Tepi daun rusak dan terkoyak di makan larva. Bahkan larva besar mampu melahap lembaran daun dan tinggal tulang daun sehingga tanaman gundul. Daun rusak terkoyak berlubang tidak beraturan. Biasanya larva berada di permukaan bawah daun, menyerang secara serentak berkelompok. serangan berat biasanya terjadi pada musim kemarau.

b. Penyebab
Awal musim kemarau kelembapan udara 70% dan suhu rata-rata 18-23C memicu telur untuk meneta. Iklim tersebut juga memacu perkembangbiakan ngengat. Ngengat bertelur sebanyak 350-400 butir telur perkelompok. total 2.000-3.000 butir. Setelah 3-5 hari ulat hidup berkelompok dan makan daun. Setelah 14 hari merupakan instar terakhir dan pada instar ini larva sangat rakus. Siang hari bersembunyi di tanah. Terbentuk pupa didalam tanah lalu berubah mewnjadi ngengat dewasa.

c. Penanggulangan
Memungut dan musnahkan ulat yang terlihat. Dengan kimia menyemprotkan insektisida berbahan aktif lamda sihalotrin (seperti Matador 25 EC), karbaril (seperti Sevin 86 S). Dengan cara budidaya, melakukan pengolahan tanah dengan cara membalikkan untuk membunuh ulat yang bersembunyi di lapisan dalam. Musnahkan gulma untuk menyingkkirkan telur. Perbaiki pula irigasi agar drainase dan aerase berjalan baik.

1 komentar:

  1. Top 10 online slot games by Microgaming | CasinoRewards
    › games › games Here, you'll be able to 바카라사이트 discover the best online slots games by Microgaming. These games include some excellent bonus offers from our 온라인카지노 exclusive list of popular

    BalasHapus